ANALISIS KEDISIPLINAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI

M. Arief Firman Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Sukabumi yang dilihat berdasarkan absensi dan hasil kuesioner untuk melihat. Objek penelitian Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin pegawai meliputi : dimensi faktor kepribadian yang terdiri dari (disiplin karena kepatuhan, disiplin karena identifikasi dan disiplin karena internalisasi), sedangkan dimensi faktor

lingkungan terdiri dari (tujuan dan kemampuan, keteladanan pimpinan, keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukuman, ketegasan dan hubungan kemanusiaan) dengan hasil yang positif. Dari hasil kuesioner, indikator yang sangat berpengaruh terhadap disiplin kerja pegawai yaitu : dimensi faktor kepribadian (disiplin karena kepatuhan dan disiplin karena identifikasi. Kendala yang menghambat disiplin kerja : kurangnya reaksi positif dari pimpinan, adanya tekanan dari pimpinan, tidak adanya pimpinan di tempat kerja, kurangnya pengawasan dari pimpinan dan karena adanya pimpinan yang menjadi pusat identifikasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam kedisiplinan pegawai yaitu : memberikan sanksi terhadap pegawai yang melakukan pelanggaran, pimpinan tegas dan bijak dalam mengambil keputusan, serta menjalin hubungan baik pimpinan dengan bawahan ataupun dengan sesama rekan kerja..


Full Text:

PDF

References


Adam, Muhammad. Maret 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.

Alma, Buchari. Desember 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Cetakan Ke-10, Bandung: Alfabeta.

Bustami. 2011. Penjamin mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 2015. konsumen dan pelayanan prima. Yogykarta: GAVA MEDIA.

Fahmi Irham. 2016. Perilaku konsumen. Bandung: Alfabeta.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Cetakan Ke-01. Yogyakarta: Gava Media.

Herlambang Susatyo. 2014. Customer Service. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Mukarom Zaenal. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Saladin, Djaslim. 2011. Manajemen Pemasaran, Cetakan Ke-01, Bandung: Agung Ilmu.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Alfabeta,

Adam, Muhammad. Maret 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.

Alma, Buchari. Desember 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Cetakan Ke-10, Bandung: Alfabeta.

Bustami. 2011. Penjamin mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 2015. konsumen dan pelayanan prima. Yogykarta: GAVA MEDIA.

Fahmi Irham. 2016. Perilaku konsumen. Bandung: Alfabeta.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Cetakan Ke-01. Yogyakarta: Gava Media.

Herlambang Susatyo. 2014. Customer Service. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Mukarom Zaenal. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Saladin, Djaslim. 2011. Manajemen Pemasaran, Cetakan Ke-01, Bandung: Agung Ilmu.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Alfabeta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ECONEUR Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Kota Sukabumi 43132, Jawa Barat, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Website: http://econeur.polteksmi.ac.id
E-mail: econeur@polteksmi.ac.id